Bacaan Ruku' dan I'tidal dalam Sholat Lengkap Arab, Latin dan Artinya

BK - Bacaan Ruku' dan I'tidal dalam Sholat Lengkap Arab, Latin dan Artinya , Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh , pada kesempatan ini kami ingin membagikan posting tentang Bacaan Ruku' dan I'tidal dalam Sholat Lengkap Arab, Latin dan Artinya.







Belajar Khusyuk - Dihalaman ini kami akan berbagi bacaan ruku' dan i'tidal dalam sholat fardhu maupun sholat sunnah (bacaan ruku'nya sama saja) lengkap bahasa arab, tulisan latin dan artinya. Kami asumsikan Anda sudah mengetahui apa itu ruku' dan apa itu i'tidal, sehingga kami tidak mengulas panjang lebar tentang pengertian ruku' dan i'tidal.




Banyak bacaan-bacaan ruku' yang biasa dibaca Rasulullah SAW dalam sholatnya. Ini artinya Rasulullah SAW terkadang membaca dengan sebuah bacaan ruku' namun terkadang menggantinya dengan bacaan ruku' yang lain. Dan berikut adalah salah satu bacaan ruku' dalam sholat lengkap arab, latin dan artinya, seperti yang Rasulullah SAW baca ketika sedang ruku'



Bacaan Ruku' dan I'tidal Bahasa ARab, Latin dan Terjemahannya
Ilustrasi : Ruku' dalam Sholat


سُبْحَانَ رَبِّيَ الْعَظِيْمِ وَبِحَمْدِهِ


SUBHAANA RABBIYAL ‘ADZIIMI WA BIHAMDIH. (Dibaca 3x)

Artinya :
Maha Suci Tuhanku Yang Maha Agung Dan Dengan Memuji-Nya.


Itulah Bacaan Ruku' dalam Shalat Lengkap Arab, Latin dan Artinya yang dapat kami share. Bacaan ruku' ini juga yang selalu kami baca dalam melakukan shalat. Menurut mayoritas ulama kalimat dzikir (bacaan ruku') diatas batas minimalnya adalah dibaca sekali dan sempurnanya dibaca tiga kali. Pendapat ini didasarkan kepada hadits riwayat Ibnu Mas’ud bahwa Rasulullah n bersabda : "Apabila kalian ruku' maka bacalah dalam ruku' kalian "Subhana rabbiyal adziimi wa bihamdih" tiga kali." (HR. Tirmidzi).




Bacaan I'tidal Lengkap Arab, Latin dan Artinya


Setelah selesai Ruku', kemudian I'tidal, yaitu bangkit dari ruku' sembari mengangkat kedua tangan sejajar telinga, seraya membaca :


سَمِعَ اللهُ لِمَنْ حَمِدَهُ


SAMI'ALLOOHU LIMAN HAMIDAH

Artinya :
Allah mendengar orang yang memuji-Nya



Pada waktu berdiri tegak (I’tidal) seraya membaca :


رَبَّنَا لَكَ الْحَمْدُ مِلْءُ السَّموَاتِ وَمِلْءُ اْلاَرْضِ وَمِلْءُمَاشِئْتَ مِنْ شَيْئٍ بَعْدُ


RABBANAA LAKAL HAMDU MIL’US SAMAAWATI WA MIL'UL ARDHI WA MIL 'UMAASYI'TA MIN SYAI'IN BA'DU.

Artinya :


Wahai Tuhan Kami ! Hanya Untuk-Mu lah Segala Puji, Sepenuh Langit Dan Bumi Dan Sepenuh Barang Yang Kau Kehendaki Sesudahnya.















Sekian Terima Kasih sudah datang ke blog belajarkhusyuk.blogspot.com, tulisan tentang Bacaan Ruku' dan I'tidal dalam Sholat Lengkap Arab, Latin dan Artinya yang baru saja anda simak, kita ulas dari blog khusus doa, EraMuslim.com dan lainnya. Jika ada kesalahan mohon hubungi kami. Kami akan berusaha memperbaikinya.

Jadilah Blogger yang baik, Salam sukses bagi kita semua :)

Source link
Facebook Comments

0 komentar