10 Penyebab Doa Tertolak serta Manfaat Doa yang Ditolak

BK - 10 Penyebab Doa Tertolak serta Manfaat Doa yang Ditolak , Alhamdulillah, kali ini belajar khusyuk mau membagikan posting mengenai 10 Penyebab Doa Tertolak serta Manfaat Doa yang Ditolak.






Belajar Khusyuk - Tentunya kita mengharapkan agar doa kita dikabulkan oleh Allah SWT. Namun faktanya masih banyak dari kita yang merasa bahwa doa kita sering tidak terkabul. Meskipun demikian, janganlah kita berprasangka bahwa Allah SWT tidak memenuhi janji-janjiNya, melainkan kita harus mengoreksi diri, mencari tahu apa yang menyebabkan doa seseorang ditolak?

Seperti kita ketahui, bawasanya doa adalah memohon kepada Allah agar Dia berkenan mengarapkan keinginan kita, seraka kita melaksanakan dan berusaha sekuat tenaga untuk mencapai maksud tersebut. Doa merupakan bentuk ikhtiar. Jika doa tidak disertai dengan usaha, maka sama halnya dengan seseorang yang hendak menuju ke suatu tempat tetapi ia tidak berusaha melangkahkan kakinya, maka ia tidak akan sampai pada tujuannya.

Dalam hal permohonan doa, apabila kita yakin bahwa Allah Maha Kuasa dan memperkannkan, pasti permohonan akan dikabulkan oleh Allah SWT. Tetapi apabila kita tidak yakin, ragu-ragu akan kemurahan Allah, maka Allah tidak akan memperkenankan doanya.

10 Faktor Penyebab Doa Di Tolak Oleh Allah SWT
Ilustrasi: Berdoa

Ibrahim bin Adham seorang ulama tokoh sufi mengemukakan bahwa ada 10 faktor tertolaknya doa. Diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Seseorang meyakini adanya Allah, tetapi ia tidak mau menjalankan perintahNya

  2. Seseorang mungkin mencintai Rasulullah SAW, tetapi ia tidak mengikuti sunnah-sunnahNya

  3. Seseorang mengetahui bahwa setan adalah musuh yang nyata baginya, tetapi ia telah mengikuti langkah-langkahnya

  4. Seseorang telah membaca dan memahami Al-Qur'an, tetapi ia tidak mau mengamalkan isi yang terkandung di dalamnya

  5. Seseorang menyatakan takut akan siksa api neraka, tetapi ia tidak berhenti melakukan dosa dan maksiat

  6. Seseorang yang selalu berdoa agar dapat masuk surga, tetapi ia meninggalkan amalan persyaratan untuk masuk surga

  7. Seseorang meyakini bahwa kematina itu pasti akan datang, tetapi ia tidak mempersiapkan diri untuk menghadapinya

  8. Seseorang itu telah menikmati rizki Allah, tetapi ia tidak mensyukurinya

  9. Seseorang itu telah menguburkan orang mati, tetapi ia tidak mengambil pelajarannya

  10. Seseorang yang sibuk mencari aib dan cacaat orang lain tetapi ia telah melupakan aib dan cacatnya sendiri



Adapun hikmah tertolaknya doa tersebut Allah SWT tidak akan mengingkari janji-janjiNya. Dia Maha Mengetahui atas segala sesuatu yang terbaik bagi hambaNya. Tidak disegerakannya memperoleh apa yang dimohonkan. Mungkin hal itu sengaja diperlambat oleh Allah demi kemaslahatan hambaNya itu sendiri.

Kemungkinan yang lain jika doa yang senantiasa kita panjatkan belum terkabulkan, itu mungkin dapat menjadi simpanan di akhirat yang akan menambah beratnya timbangan kebaikan dari ibadah doa kita, atau mungkin juga Allah langsung menghindarkan kita dari bahaya ataupun bencana yang akan terjadi, sehingga kita tetap dalam keselamatan.












Sekian Terima Kasih telah datang ke web belajarkhusyuk.blogspot.com, artikel mengenai 10 Penyebab Doa Tertolak serta Manfaat Doa yang Ditolak yang baru saja anda simak, kami salin dari blog khusus doa, EraMuslim.com dan lainnya. Jika ada kesalahan mohon hubungi kami. Kami akan berusaha memperbaikinya.

Jadilah Blogger yang baik, Salam sukses bagi kita semua :)

Source link
Facebook Comments

0 komentar